"YA'AHOWU" Selamat Datang di Blog Anak Pulau. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Rabu, 29 Juni 2011

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi

Flashdisk yang tidak terdeteksi saat kita masukkan keport di komputer  merupakan masalah yang sering kita alami umumnya mahasiswa. Sering kali saat kita nyari tugas di warnet ataupun ngeprint tugas tak jarang flashdisk yang kita miliki tidak terdeteksi oleh komputer. Sebelkannn….. Apa lagi klo waktu dah mepet banget. Belon lagi pada saat persentasi jikalau file yg ingin dipersentasikan di simpan pada flashdisk tersebut.
Temen-temen bias bayangkan apa yang akan terjadi…??? Hmmmm….. saya berbagi sedikit disini, semoga bermanfaat.... :)
Biasanya flashdisk yg tidak terdeteksi ditandai dengan tidak munculnya peringatan “removable hardware” di taskbar anda. Terkadang ada pula yang ikonnya telah muncul, tetapi ketika diklik muncul jendela baru yang memberikan pesan error, dan sebagainya. Masalah mengenai tidak terdeteksinya flashdisk ini dijumpai pada PC yang memiliki daya sistem yang tinggi (salah satunya RAM) sehingga menganggu proses pembacaan eksistensi perangkat yang baru. Tetapi pastikan terlebih dahulu yang rusak bukanlah flashdisk itu sendiri, melainkan drive USB yang terdapat dalam suatu PC.


Masalah yang paling sering  terjadi adalah konflik sistem pada hardware, konflik pada hardware tersebut menimbulkan kerusakan dalam proses pembacaan flashdisk.
Cara untuk mengatasinya : Colokkan flashdisk pada port, Restart computer, (Masih belum terdeteksi…??)
Uninstall USB drive, Bukalah My Computer, Klik Control Panel, Klik system, Jika sistem sudah terbuka (perhatikan tab hardware), Klik device manager dan carilah tulisan “Universal Serial Bus Controller”, Jika anda melihat hardware berwarna kuning, klik hardware tersebut, Klik “uninstall”, Lalu restart kembali komputer andaSetelah cara diatas dilakukan, flashdisk anda dapat terdeteksi kembali.

Tetapi kalau dengan cara diatas masih belum menunjukan hasil apapun, kemungkinan terakhir kerusakan Hardware. Pengeyebab utama kerusakan hardware adalah pencabutan flashdisk secara langsung dari PC. Tak jarang kita ingin cara cepat dan praktis dan menyepelekan “Safety Remove USB” dan mencabut flashdisk secara langsung tanpa konfirmasi dari PC. Padahal Safety Remove USB adalah hal yang harus diperhatikan untuk mencegah kerusakan hardware. So…. Berhati-hatilah pada saat melepaskan flashdisk dar PC anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Anda Butuhkan